19 comments on “Rumah Islami Itu Seperti Apa???

  1. Assalamu’alaikum. mas Andi saya mau tanya kalau saya mau membangun rumah islami yang ukurannya tidak besar memang, sekitar lebar 5m, panjang kanan 14,5m, panjang kiri 15m. saya pengen banget dapat contoh desainnya dari mas Andi. trimakasih ya mas. wassalam.

  2. Ass. mas, saya ingin bangun rumah islami, uk. tanah yang saya miliki 6 X 12 M & 6 x 15 M
    keduanya di lokasi yang berbeda.
    saya ingin dapat contoh desainnya dari mas Andi. terima kasih

  3. Assalamulaikum wr wb, kula nuwun,

    Bro, nice article! Agama kita memang tidak pernah menyebutkan secara eksplisit tentang bagaimana arsitektur islami itu seharusnya. Tapi dari artikel ini setidaknya bisa kita ambil kesimpulan bahwa arsitektur islami itu hendaknya low profile, mencerminkan bahwa kebersihan adalah bagian dari iman (misal dari pemilihan bahan-bahan yang mudah dibersihkan dsb.) dalam hemat saya, “kebersihan adalah bagian dari iman” juga dapat mengindikasikan bahwa arsitektur yang islami itu (seperti yang Anda katakan) juga harus ramah lingkungan (berarti juga tidak menimbulkan kerugian secara sosial; entah itu dengan memiliki potensi konflik dengan tetangga ataupun mensegregasikan dirinya dengan lingkungan: contoh masalah pagar yang Anda kemukakan) Kalimat mengenai kebersihan tadi juga dapat (dalam hemat saya) diartikan menjaga kebersihan (image) tuan rumah melalui tatanan ruang; sebagaimana telah Anda katakan bahwa ruang publik hendaknya membatasi akses pandangan tamu agar tidak melihat tuan rumah dalam keadaan tidak siap menerima tamu (lha iya..kalo tuan rumahnya punya penyakit kulit yg seperti peta bumi dipunggungnya..siapa yg enggak ngeri ngeliat?!?)

    Mengenai ornamen yang menyerupai makhluk hidup, menurut saya hanya: SERAM terkadang memang terkesan menyeramkan apabila terdapat banyak ornamen yang benar-benar realistis; benar-benar “hidup”.

    Sungguh banyak yang bisa kita gali tentang hal ini, Bro Andy, saya bersedia berdiskusi panjang lebar mengenai hal ini dengan Anda, bahkan mungkin kita bisa memulai blog khusus yang membahas mengenai arsitektur islami (ah..paling udah ada yg memulai…this is the 21st century..everything has been discovered!) anyways…saya tunggu tanggapannya Bro Andy.

    Wassalam wr wb

  4. Pingback: An Essay on Islamic Architecture « Prananda Navitas

  5. Assalamualaikum mas Andi.
    mau nambahin aja ni, kalo bisa rumah islami di dalam rumah jngan terllu banyak anak tangga, dn kalau bisa sekat antar ruangan yang bisa dipindahkan, sehingga rumah tersebut tetap nyaman jika dipakai untuk pengajian ataupun solat berjamaah / tarawih bersama.

    Salam kenal…

  6. Assalamualaikum wr.wb.
    wah mas Andi keren banget nich artikelnya tentang rumah islami, saya mau beli rumah lho di daerha sedati ya alhamdulillah insyaAllah ada jalan untuk KPR. rencananya saya ambil tipe 36, saya bingung untuk tipe 36 yang islami itu kayak gimana ya model ruangannya, sekat2nya,dst.
    jazk ya
    wass

  7. hmm……..

    artikelnya bagus dan menarik, kebetulan saya lagi bikin tugas mata kuliah seminar yang membahas tentang tata ruang Islami pada rumah tinggal.

    saya juga ada beberapa yang mengutip dari sini hehehehehehhee…….

    tapi kok kayanya ada yang kurang y????

    karena kurang dalil dan penjabaran misalkan:
    toilet yang tidak menghadap ke kiblat karena apa???? ya karena klo menghadap k kiblat itu seperti tidak menghargai dll
    kemudian kamar mandi yag mudah perawatan agar bersih nah itu bisa di sangkutkan dengan “kebersihan sebagian dari iman” atau mungkin dengan dalil yang lain yang bersumber dari Al Qur’an, Al Hadits dll

    trimakasih

    (NB : ud ada blm y blog ttg arsitektur Islami?)

    salam knal

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  8. hhmmmmm……..
    pembahasan yang menarik……..
    klo boleh usul………
    klo bisa d sertakan dalil yang berkaitan dengan pembahasan tersebut….
    misalnya harus menyediakan ruang tamu untuk pria dan wanita, sesuai dengan surat Annur tentang pemisahan wanita dan pria…..
    kemudian tidur menghadap kiblat (sebelum tidur juga jarus wudlu terlebih dahulu) agar sewaktu-waktu di panggil oleh Allah SWT kita sudah siap dan contoh-contoh yang lainnya….

    kbetulan judul matakuliah seminar saya juga tentang tataruang Islamidi daerah kampung Arab Semarang……..

    apa buku yang memuat tentang tataruang Islami sudah banyak???

    trimakasih….

  9. Alhamdulillaah, saya sangat terkesan ketika membaca definisi dan point-point rumah islami, saya setuju dan kagum … dengan pemahaman tentang syariat Islam yang mendalam sehingga mampu melahirkan konsep tentang rumah islami yang melindungi jiwa dan psikis penghuninya sehingga mendapat ketentraman yang hakiki.
    Selamat … berkarya !

  10. Info menarik, kajian tentang Rumah Islami ini mari kita perbanyak untuk mengimbangi konsep-konsep rumah yang ada, yang dikhawatirkan mengandung syirik. Sebagai catatan saja, kata “sebaiknya” toilet jangan menghadap kiblat dan “meminimalisir” patung diganti dengan kata dilarang atau diharamkan, karena Islam adalah agama yang tegas… Terima kasih.

  11. bismillah…barakallahu fykum mas andy…
    saya sangat terkesan pada poin yang njenengan katakan pada point 3 “Selain itu desain juga menjaga agar ketika ada seorang tamu dan tuan rumah dalam keadaan tidak siap menerima tamu (tidak berjilbab), aurat tuan rumah akan tetap terjaga. ” semoga desain islaminya membawa amal jariyyah…aamiin

Leave a Reply

